Cemilan Untuk Penderita Stroke

Cemilan Untuk Penderita Stroke .- Untuk menghindari rasa bosan karena menu yang disajikan itu-itu saja, maka berikut ini adalah pilihan makanan yang bisa disajikan bagi penderita stroke sebagai cemilan yang aman dan bagus dikonsumsi.

Cemilan Untuk Penderita Stroke

Cemilan Untuk Penderita Stroke

Sebagian besar orang yang terkena penyakit stroke memiliki suasana hati yang kurang enak akibat keadaan tubuhnya yang tidak lagi mampu menjalankan aktivitas dan rutinitas seperti biasanya.

Nah, jangan sampai rasa tidak enak tersebut bertambah karena menu makanan yang disajikan sama atau itu-itu saja setiap harinya.

Untuk itu sangat penting bagi kita memberikan variasi makanan dengan mengganti menu makanan secara rutin.

Namun ingat kita harus berhati-hati menyajikan makanan jangan sampai makanan yang seharusnya di pantang malah kita masukan dalam daftar menu harian penderita stroke.

( Baca : Pantangan Makanan Untuk Penderita Stroke )

Stroke adalah gangguan pembuluh darah ke otak yang terjadi secara mendadak bisa berupa penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah dalam otak.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan orang yang terserang stroke mengalami kelumpuhan, sulit berbicara hingga sulit menelan.

Ada beberapa hal yang bisa meningkatkan resiko terkena serangan stroke yakni memiliki tekanan darah tinggi, menderita penyakit diabetes hingga kelebihan berat badan.

Selain itu, gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat juga erat kaitannya dengan penyakit stroke. Hal tersebutlah yang membuat orang yang memiliki anggota keluarga menderita penyakit stroke merasa jadi ragu memilih atau memberikan makanan sehari-hari.

Terlebih makanan yang enak identik dengan makanan yang tidak sehat, hal tersebut semakin membuat bingung makanan apa yang mesti dan baiknya disajikan.

Akibatnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau salah dalam memberikan makanan, banyak orang yang memberikan menu makanan itu-itu saja pada penderita stroke.

Padahal ada banyak makanan atau cemilan sehat dan enak yang bisa dikonsumsi oleh penderita stroke.

Cemilan Untuk Penderita Stroke

Berikut ini adalah daftar cemilan untuk penderita stroke yang sehat dan aman diberikan kepada penderita stroke, baik itu stroke ringan atau stroke sesungguhnya, yakni :

1.) Bubur Beras Merah

Pertama, cemilan untuk penderita stroke adalah bubur beras merah. Beras merah mengandung selenium tinggi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan otak.

Tidak hanya itu, beras meras juga mengandung mangan, serat dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita stroke.

2.) Oeatmeal

Menu selanjutnya adalah oeatmeal yang ditenggelamkan dalam susu almond. Oeatmeal aman dan sehat dikonsumsi oleh penderita stroke karena didalam oeatmeal terdapat kandungan vitamian dan protein serta lemak baik yang berguna mencegah penyakit stroke ringan.

3.) Pepes Ikan Gabus

Hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal gizi klinik indonesia menyebutkan bahwa ikan bagus memiliki kandungan albumin yang baik dikonsumsi oleh penderita stroke guna memenuhi kebutuhan gizi penderita stroek karena albumin tersebut berfungsi sebagai antioksidan, mempertahankan kondisi integritas mikrovaskular, memodulasi inflamasi, dan sebagai antikoagulan.

4.) Tumis Brokoli

Tumis brokoli bisa menjadi menu yang sehat dan enak bagi penderita stroke. Diketahui brokoli kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk mencegah koagulasi darah dan anti inflamasi.

Selain itu anda juga bisa menambahkan irisan bawang putih kedalam tumir brokoli tersebut mengingat bawang putih memiliki khasiat dan manfaat mampu mencegah penyakit saraf.

5.) Tumis Terong Ungu

Selian brokoli, penderita stroke juga bisa mengkonsumsi tumor terong ungu dimana sayuran ini mengandung antosianin yang dapat mencegah dan mengatasi sumbatan dalam pembuluh darah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita stroke.

6.) Tumis Selada Air

Selada air terbukti memiliki kandungan vitamin C, lutein, zeaxanthin dan antioksidan yang baik untuk mencegah dan mengatasi hipertensi penyebab penyakit stroke, meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan kesehatan mata.

Sehingga seladar air bagus dikonsumsi oleh penderita stroke dan diyakni dapat membantu proses penyembuhan penyakit stroke jika dikonsumsi secara rutin.

7.) Sop Wortel

Wortel memiliki kandungan betakaroten yang dapat menurunka kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta dapat mencegah kerusak sel-sel dalam tubuh.

Anda bisa menambahkan bagian dada ayam tanpa lemak dalam sop wortel ini guna membantu mempercepat proses penyembuhan.

8.) Buah Pepaya

Selain makanan tersebut, penderita stroke juga bisa diberikan buah-buhan, salah satunya adalah buah pepaya.

Buah pepaya terbukti memiliki kandungan kaparina yang dapat mengurangi penyumbatan pembuluh darah sehingga sangat baik diberikan kepada penderita stroke.

9.) Buah Pisang

Selain pepaya, penderita stroke juga bisa mengkonsumsi pisang karena dialam pisang terdapat kandungan kalium dan potasium yang bagus untuk menjaga kesehatan pembuluh darah serta omeostasis sel tubuh.

10.) Buah Apel

Untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal maka sesekali penderita stroke bisa diberikan buah apel. Didalam buah apel terkandung senyawa flavonoid, polifenol, kalium, kalsium dan fosfor yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menormalkan tekanan darah.

11.) Jus Strawbery

Bagi penderita stroke konsumsi rutin jus strawbery dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit yang diderita.

Tidak hanya itu, strawbery juga dapat membantu menjaga dan memelihara kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebaln tubuh penderita stroke karena banyak mengandung vitamin C.

12.) Jus Anggur

Didalam buah anggur terdapat kandungan resveratrol yang mampu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita stroke.

Nah itulah beberapa makanan yang bisa dijadikan sebagai cemilan untuk penderita stroke agar orang yang menderita tidak merasa bosan karena menu yang diberikan lebih bervariasi.

Disamping itu, konsumsi rutin makanan diatas juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit, sehingga sangat layak dimasukan kedalam menu harian penderita stroke.

Demikianlah informasi tentang cemilan untuk penderita stroke ini semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda. Jangan lupa bagikan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *