Gejala Pertama Penyakit Stroke

Stroke adalah gangguan fungsi otak yang bisa menyebabkan kematian jika tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat, untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui gejala pertama penyakit stroke mengingat serangan stroke bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Gejala Pertama Penyakit Stroke Yang Perlu Diketahui

Stroke identik dengan kondisi parah yang bisa menyebabkan seseorang yang mengalaminya mengalami kematian secara mendadak sehingga perlu diwaspadai dan dikenali, tidak hanya itu kita juga perlu mengetahui apa saja gejala pertama penyakit stroke yang muncul serta bagaimana melakukan pertolongan pertama pada saat stroke menyerang.

Stroke adalah kondisi dimana fungsi dari otak terganggu akibat dari suplai atau aliran darah yang menuju ke otak terhenti karena sumbatan ( stroke iskemik ) atau pecahnya pembuluh darah di otak ( stroke hemoragik ).

Kondisi tersebut bisa terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu dan dimana saja.

Ketika stroke menyerang, akan sangat menyakitkan bagi orang yang mengalaminya sehingga bisa mengagetkan dan membuat panik orang-orang yang ada disekitarnya sehingga tidak sempat melakukan pertolongan pertama. Padahal penyakit stroke merupakan kondisi yang mengancam jiwa sehingga perlu ditangai dengan cepat.

Tanda Atau Gejala Pertama Penyakit Stroke

Tanda atau gejala stroke yang muncul pada setiap penderita bervariasi tergandung dari bagian otak mana yang mengalami gangguan fungsi namun yang jelas gejala biasanya muncul secara mendadak.

Namun walaupun demikian ada beberapa kondisi yang patut kita waspadai sebagai gejala stroke jika saat ini anda atau orang terdekat anda mengalaminya utamanya jika anda atau orang tersebut memiliki resiko tinggi terkena penyakit stroke seperti memiliki tekanan darah tinggi dan menderita diabetes.

Metode tersebut disebut dengan FAST ( Face Arms Speech Time )

Gejala Pertama Penyakit Stroke

Face ( Wajah ) – orang yang terkena penyakit stroke biasanya mengalami lumpuh wajah sebelah sehingga sebagian wajah akan nampak turun dab bibir terlihat mencong dan akan terlihat jelas jika penderita tersenyum.

Arms ( Lengah ) – penderita stroke akan mengalami kesulitan mengangkat salah satu lengan atau bahkan keduanya karena terasa lemas. Disamping itu lengan juga bisa mengalami mati rasa atau kesemutan.

Speech ( Bicara ) – selain menyebabkan bagin wajah turun atau lumpuh sebelah, orang yang terkena stroke juga bisa mengalami gangguan bicara yakni menjadi cedel atau pelo bahkan tidak dapat berbicara sama sekali.

Time ( Waktu ) – setiap detik akan sangat berharga sehingga perlu melakukan tindakan yang cepat jika saat ini anda atau orang terdekat anda mulai merasakan keluhan diatas. Untuk itu segera temui dokter jika anda menemukan atau merasakan keluhan tersebut.

Metode diatas bisa menjadi pedoman bagi kita semua untuk bisa mengenali dan mewaspadai gejala penyakit stroke, dengan begitu maka kita bisa melakukan penanganan yang cepat dan tepat sehingga dampak terburuk akibat stroke bisa dihindari.

Selain kondisi diatas, ada kalanya serangan stroke bisa menimbulkan gejala lain yang berbeda. Berikut ini adalah beberpa gejala pertama penyakit stroke lainnya, yakni :

  • Lumpuh total pada salah satu sisi tubuh
  • Tiba-tiba penglihatan kabur atau bahkan tidak bisa melihat.
  • Pusing
  • Rasa bingung
  • Kesulitan memahami apa yang orang katakan
  • Gangguan keseimbangan dan koordinasi
  • Kesulitan menelan (disfagia) bukan sakit menelan
  • Sakit kepala yang muncul secara tiba-tiba dan sangat parah sehingga rasa sakit itu merupakan yang terhebat selama ini.
  • Penurunan kesadaran

Ketika beberapa gejala stroke diatas dialami dalam waktu kurang dari 24 jam, maka itu termasuk dalam kategori stoke sehingga anda memliliki waktu yang cukup untuk mengobatinya sehingga tidak terjadi stroke yang sebenarnya, mengingat stroke ringan yang tidak segera diatasi bisa meningkatkan resiko tinggi terkena stroke yang sesungguhnya.

Untuk itu meskipun gejala stroke terjadi secara singkat maka sebaiknya segera lakukan tindakan penanganan dan pengobatan yang cepat sehingga stroke yang sesungguhnya bisa dihindari dan dicegah.

Demikianlah informasi singkat tentang gejala pertama penyakit stroke ini mudah-mudahan bisa dipahami dan bisa menambah pengetahuan anda sekaligus menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan jangan lupa bagikan jika anda rasa tulisan ini bermanfaat.

Baca Juga :
Pantangan Makanan Untuk Penderita Stroke
Makanan Penyembuh Stroke Ringan

One thought to “Gejala Pertama Penyakit Stroke”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *